TIPS HIDUP BAHAGIA

Hidup bahagia adalah dambaan setiap orang, dimana kita merasakan kenyamanan dan ketentraman ada di dalamnya. Sebagian orang mengatakan hidup bahagia adalah hidup seperti apa yang kita inginkan dan yang kita rencanakan. Namun, tak semua berjalan sesuai apa yang kita kehendaki, ada kalanya kita mengalami kesusahan, kesedihan, bahkan keterpurukan. Saya disini ingin sedikit berbagi mengani tips agar kita hidup bahagia.

Yang pertama, hidup bahagia dapat kita peroleh mulai dari mensyukuri atas apa yang telah kita miliki, sekecil apapun barang atau sesuatu yang dimiliki mari kita mensyukurinya. Seandainya kita pada hari ini hanya sarapan dengan nasi dan tempe, maka nikmatilah dengan bersyukur karna hari ini kita masih bisa sarapan. coba tengok kebawah saudara – saudara kita yang tiap hari harus menahan lapar, tidak bisa menikmati sarapan setiap hari. Jangan malah membandingkan dengan saudara kita yang pagi ini makan dengan daging.
Insyaallah dengan mensyukuri setiap apa yang kita punya, kita akan hidup bahagia, Karna pada dasarnya apabila kita mensyukuri nikmat dari allah, niscaya allah akan tambah kenikmatan tersebut. Namun apabila kita mengelakkan nikmat yang telah diberi, sesungguhnya teguran allah sangatlah pedih. Bagi kita yang belum hidup bahagia mungkin kita belum bisa mensyukuri apa yang telah kita miliki.
Yang kedua, hidup bahagia adalah hidup yang selaras, sebanding antara kepentingan dunia dan kepentingan akhirat. Pada hakikatnya hidup yang lebih abadi adalah kehidupan di akhirat. Yang mana kita hanya membawa amal perbuatan selama didunia sebagai bekal disana. Bolehlah kita bekerja keras mencari uang, karna kita hidup memang membutuhkan uang. Tapi jangan lupa kewajiban kita sebagai hamba allah. Apabila kita menyelaraskan kepentingan dunia dan akhirat rasa syukurpun akan muncul, dan hidup bahagia akan kita dapati.
Yang terakhir, kita bukan menanti kapan hidup bahagia itu datang, melainkan kita yang menciptakan. Sesusah apapun kondisi kita, apabila disikapi dengan keyakinan, kesabaran, kesenangan maka tidak mustahil kondisi itu akan berubah menjadi hidup bahagia. Menurut saya, hal termudah untuk hidup bahagia adalah dengan bersenang – senang di setiap prosesnya. Bersenang – senang bukan berarti berfoya – foya, berpesta. Tapi menikmati setiap proses yang ada dan mengmbil hikmah disetiap proses tersebut.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © Himmah Atika Hasanah