3 CARA MUDAH MENGATASI MUAL MUNTAH PADA IBU HAMIL

Mual muntah pada ibu hamil adalah hal yang wajar terjadi pada kehamilan usia 1-3 bulan. Hal ini disebabkan oleh perubahan hormon pada ibu hamil.
Yaitu Hormon Corionik Gonadotropin (HCG), hormon ini berfungsi untuk pembentukan plasenta yang nantinya diperlukan untuk penyaluran nutrisi dari ibu kepada janin. Peningkatan hormon inilah yang menyebabkan rasa mual muntah pada ibu hamil.

Istilah mual muntah pada ibu hamil sering disebut dengan emesis gravidarum atau morning sicknes. Untuk emesis gravidarum sudah jelas bahwa emesis itu adalah mual muntah dan gravidarum artinya adalah kehamilan. Sedangkan istilah morning sikcnes dipakai untuk istilah mual muntah pada ibu hamil karena rasa mual dan muntah biasanya terjadi pada pagi hari, sehingga disebut morning sicknes.
Nah, kemudian bagaimana cara untuk mengatasi mual muntah pada ibu hamil ? Berikut saya paparkan 3 cara mudah untuk mengatasi mual muntah pada ibu hamil.

1. Cara mengatasi mual muntah pada ibu hamil yang pertama adalah  dimulai saat ibu hamil bangun tidur. Setelah bangun tidur sebelum melakukan aktivitas lain, ibu hamil sebaiknya duduk sebentar dan minta tolong suami atau keluarga untuk membuatkan teh hangat. Teh hangat yang diminum setelah bangun tidur sebelum melakukan aktivitas lain ini dapat mengurangi rasa mual muntah pada ibu hamil.

2. Cara kedua untuk mengatasi mual muntah pada ibu hamil adalah dengan tidak mengkonsumsi makanan yang merangsang mual, seperti santan, kol dan sawi. Sebaiknya ibu hamil mengkonsumsi makanan segar seperti buah - buahan dan biskuit. Mengkonsumsi buah-buahan selain dapat mengatasi mual muntah pada ibu hamil, tentunya kandungan vitamin dalam buah tersebut sangat bermanfaat bagi kesehatan ibu dan janin.

3. Cara yang ke tiga untuk mengatasi mual muntah pada ibu hamil adalah dengan melakukan diet ibu hamil. Yaitu makan sedikit tapi sering. Apabila ibu hamil mengalami mual muntah, maka nutrisi yang dikonsumsinya terbuang, padahal dimasa kehamilan 1-3 bulan kebutuhan nutrisi sangat penting untuk pertumbuhan janin. Jadi diharapkan dengan melalukan diet ibu hamil ini, kebutuhan nutrisi ibu hamil tetap terpenuhi. walaupun terjadi mual muntah pada ibu hamil, sedikit demi sedikit makanan dapat masuk dan memenuhi nutrisi ibu dan janin. Karena ibu hamil yang masih merasakan mual muntah jika dipaksa sekaligus makan 1 porsi makanan penuh justru akan mengakibatkan mual muntah pada ibu hamil.

Walaupun mual muntah adalah hal yang wajar terjadi pada ibu hamil, namun kita juga harus waspada apabila keadaan mual muntah yang terjadi sudah sangat mengganggu aktivitas ibu, dan terjadi pada usia kehamilan lebih dari 4 bulan. Ditambah ibu mengalami dehidrasi dengan tanda- tanda seperti turgor kulit berkurang dan mata cekung. Maka mual muntah pada ibu hamil sudah bukan hal yang wajar lagi, melainkan tanda bahaya kehamilan, maka harus segara dibawa ke pelayanan kesehatan.
Nah, itu tadi 3 cara mudah untuk mengatasi mual muntah pada ibu hamil yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat...

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © Himmah Atika Hasanah