Sambut Tahun Baru Hijriah Dengan Hamdalah

   Tahun baru hijriah merupakan pergantian tahun dalam pertanggalan islam, dimana pergantian tanggal dilihat dari terbenamnya matahari. Berbeda dengan pertanggalan nasional yang pergantian tanggal setiap pukul 00:00 WIB. Dalam budaya kita, perayaan tahun baru hijriah tidak kalah meriah dengan perayaan tahun baru nasional. Yang mana saat pergantian tahun baru nasional diramekan dengan festival kembang api dan terompet, sedangkan tahun baru hijriah dimeriahkan dengan serangkaian adat istiadat yang berbeda-beda di setiap daerah di Indonesia.
      Disini saya bukan ingin membahas serangkaian adat istiadat saat tahun baru hijriah. Karena banyak sekali adat istiadat untuk memperingatinya. Tapi pada dasarnya semua kegiatan dalam menyambut tahun baru hijriah adalah wujud ucapan rasa syukur kita kepada Allah SWT yang mena telah memberikan kesehatan, umur panjang kepada kita semua sehingga masih bisa bertemu dengan tahun baru hijriah kembali.
     Tidak hanya sekedar bersyukur saja kita bisa memperingati tahun baru hijriah kembali. Instropeksi diri juga harus dilakukan agar kita selalu berkembang menjadi insan yang lebih positif. Mari kita bercermin pada diri kita masing - masing. Sudahkah kita menjadi pribadi yang baik, pribadi yang bermanfaat bagi lingkungan dan sekitar ? Siapkah kita menhadapi tahun baru hijriah dengan pribadi yang lebih baik ?
   Ada tiga orang kelompok dalam memasuki tahun baru hijriah, yaitu kelompok orang yang beruntung, rugi dan celaka. Dikatakan orang yang beruntung apabila saat tahun baru hijriah dia menjadi pribadi yang lebih baik dari pada tahun yang lalu. Apabila kita tetap dalam keadaan pribadi yang sama saja antara tahun baru hijriah ini dengan tahun lalu, maka kita termasuk kelompok orang yang rugi. Dan kelompok orang yang celaka adalah orang yang mempunyai pribadi lebih buruk di tahun baru hijriah dari pada tahun yang lalu.
   Ingin menjadi kelompok orang yang manakah kita di tahun baru hijriah ini ? Yang menentukan tentunya adalah diri kita masing - masing. Jika ingin menjadi orang yang beruntung, mari memperbaiki diri kita di mulai dengan hal - hal kecil seperti membaca doa akhir dan awal tahun baru hijriah agar senantiasa kita mendapatkan pertolongan dari yang kuasa untuk menapaki tahun baru hijriah ini. 

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © Himmah Atika Hasanah